RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN : SMA
MATA
PELAJARAN : FISIKA
KELAS/SEMESTER : X / 2
MATERI
PEMBELAJARAN : ASAZ BLACK


I. Standar Kompetensi : 4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan
energi
II. Kompetensi Dasar :
4.3 Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah
III. Indikator
A.
Kognitif
1. Produk :
4.3.1 Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diterima dan kalor yang dilepas
4.3.2 Menghitung besar kalor yang diterima
da dilepaskan pada suatu zat
4.3.3 Menyelesaikan
masalah yang beruhubungan dengan asas Black
2.
Proses :
Membuat grafik perubahan
suhu pada kasus yang berhubungan dengan asaz Black
B.
Psikomotor : melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan asaz
Black
C. Afektif :
1. Karakter, (disesuaikan dengan
mata pelajaran/materi pelajaran atau sekolah)
a.
jujur, (peserta
didik melaporkan hasil percobaannya dengan jujur)
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
(sesuai Prosedur)
d. teliti.
(mengamati/melakukan secara cermat)
IV. Tujuan
Pembelajaran:
A. Kognitif
1. Produk:
·
Secara mandiri, dengan melalui contoh kasus serta buku
bacaan yang diberikan oleh guru, peserta
didik mampu menjelaskan perbedaan kalor yang diterima dan kalor yang di lepas
dengan jelas.
·
Secara mandiri melalui buku bacaan,contoh soal, dan hasil
eksperimen peserta didik mampu
menghitung besarnya kalor yang dilepas dan kalor yang diterima oleh
·
Secara mandiri, dengan penjelasan yang diberikan
pendidik, dan hasil eksperimen, peserta didik mampu menyelesaikan
masala-masalah fisika yang berhubungan dengan asaz Black
·
Secara berkelompok peserta didik mampu membuat garifik
hubungan anatara shu (T) dengan kalor (Q)
2. Proses:
·
Dengan melalui contoh kasus serta buku bacaan yang
diberikan oleh guru, peserta didik mampu
menjelaskan perbedaan kalor yang diterima dan kalor yang di lepas dengan jelas.
·
Melalui buku bacaan,contoh soal, dan hasil
eksperimen peserta didik mampu
menghitung besarnya kalor yang dilepas dan kalor yang diterima oleh
·
Dengan penjelasan yang diberikan pendidik, dan hasil
eksperimen, peserta didik mampu menyelesaikan masala-masalah fisika yang
berhubungan dengan asaz Black
·
Secara berkelompok peserta didik mampu membuat garifik
hubungan anatara shu (T) dengan kalor (Q)
B. Psikomotor
1.
Diberikan alat-alat (termometer, es batu, air), siswa secara
berkelompok dapat menyusun alat
praktikum.
2.
Diberikan alat-alat, siswa secara
berkelompok mengisi tabel hasil
pengamatan pengukuran panjang lengan beban dan lengan kuasa pada tuas
C. Afektif
1. Karakter
a. Jujur
b. Tanggung jawab,
c. Hati-hati,
d. Teliti.
2. Keterampilan
sosial:
Bekerjasama
V. Materi Ajar: Asas Black
VI. Model dan Metode Pembelajaran:
Model Pembelajaran : Direct
Instruction (Pembelajaran langsung)
Metode
Pembelajaran : Ceramah,
Eksperimen
VII. Sumber/Media
Pembelajaran:
1.
Buku Peserta didik kelas X “Tim sri kandi Eksakta” .2012.
Fisika berbasis karakter bangsa”
2.
alat-alat praktikum
VIII. Proses Belajar
Mengajar atau Skenario Pembelajaran
A.
Pendahuluan
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta
didik
|
Alokasi Waktu per-tahap
|
Penilaian pengamat
|
1. 1 Memberi salam (sopan santun)
2. Guru menuliskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai di papan tulis.
3.
Guru memberikan
pertanyaan yang dapat memancing/memotivasi peserta didik untuk belajar.
Seperti: (EKSPLORASI)
“Pada saat anda membuat segelas teh hangat
kemudian anda memasukkan ke dalamnya sebongkah es batu, apakah yang akan
terjadi pada es tersebut?” mengapa demikian? Hal ini akan kita bahas pada
materi Asas Black.
|
ü Menjawab
salam
ü Mencermati
penyampaian guru
ü Peserta
didik menjawab pertanyaan guru
|
10 Menit
|
|
B.
Inti
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta
didik
|
Alokasi Waktu per-tahap
|
Penilaian pengamat
|
2. Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
15 menit
5 menit
15 menit
|
|
|
1.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari.
2.
Guru membimbing peserta didik
dalam pembentukan kelompok dan meminta peserta didik untuk duduk sesuai
dengan kelompoknya masing-masing. (agar
peserta didik aktif bekerja sama)
(ELABORASI)
3.
Guru membagikan LKS 01 ‘asas Black’ yang akan
dipercobakan.
4.
Guru menjelaskan langkah-langkah
yang akan dilakukan dalam percobaan.
5.
Guru meminta wakil setiap
kelompok untuk mengambil alat dan bahan yang akan digunakan pada percobaan.
(menanamkan karakter hati-hati ,teliti dan cermat)
|
1.
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru.
2.
Peserta
didik mengatur tempat duduk sesuai dengan kelompoknya.
(ELABORASI)
3.
Peserta
didik mengambil penuntun yang dibagi oleh guru.
4.
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru.
5.
Peserta
didik mengambil alat dan bahan praktikum yang telah disediakan oleh guru.
|
||
3. Membimbing pelatihan
|
25 menit
|
|
|
1. Guru
mempersilahkan peserta didik untuk melakukan eksperimen sesuai dengan langkah
kerja yang telah dijelaskan.(mengembangkan
karakter teliti,jujur menuliskan data dan cermat mengatasi masalah yang
timbul)
2.
Guru membimbing peserta didik
dalam melakukan eksperimen.(mengembangkan
sikap teliti)
|
1.
Peserta
didik melakukan eksperimen sesuai dengan langkah-langkah yang telah
dijelaskan oleh guru.
|
||
4. Mengecek pemahaman peserta didik dan memberi umpan-balik
|
10 menit
|
|
|
(KONFIRMASI)
1.
Guru meminta wakil dari setiap
kelompok untuk menuliskan hasil eksperimennya di papan tulis.(menanamkan tanggungjawab, kemampuan
menyumbangkan ide)
2.
Guru memberikan umpan-balik
kepada peserta didik tentang hasil eksperimen yang telah diperoleh serta
mengaitkan dengan materinya. (mengembangkan
kemampuan bertanya dan menyumbangkan ide)
3. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan meluruskan jika ada yang keliru.(menjadi pendengar yang baik berdasarkan
penjelasan guru)
|
1. Wakil dari tiap kelompok menuliskan hasil
eksperimennya di papan tulis.
2. Peserta didik memberikan tanggapan jika ada yang
tidak sependapat atau kurang mengerti.
|
||
5. Memberi kesempatan
untuk memperdalam pemahaman dan penerapan
|
10 menit
|
|
|
1.
Guru
memberikan pertanyaan kepada peserta didik yang berkaitan dengan materi yang
telah dipraktikumkan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.(menjadi pendengar yang baik, sopan
santun).
2. Guru memberikan tugas
tidak terstruktur dalam bentuk Latihan soal
|
1.
Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
2. Peserta didik menulis tugas yang diberikan
|
Perilaku/karakter
eksplisit dalam setiap tahap kegiatan
IX. Penilaian
1.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
2.
Bentuk Instrumen : LKS dan tes uraian
3.
Instrumen
: Terlampir
4.
Kunci Jawaban : Terlampir
5.
Pedoman Penskoran (Rubrik) : Terlampir
6.
Bentuk soal essei harus ada untuk setiap evaluasi :
Terlampir
Daftar
Pustaka:
1.
Buku
Peserta didik kelas X “Tim sri kandi Eksakta” .2012. Fisika berbasis karakter
bangsa” ala-alat praktikum
2.
Nur
Rachmandani Setia. 2009. Fisika Untuk SMA /Ma kelas X. Grahadi. Jakarta
Makassar,
..................... 2013
Guru
Mata Pelajaran,
.
Muhammad Gazali Mansur
Produk
PPG-SM3T selama 2 semester dikumpul sebagai bentuk dokumen fortofolio
(perangkat
pembelajaran, proposal PTK, laporan PTK, dan rekaman pembelajaran).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar