Rabu, 29 Januari 2014

ASAZ BLACK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SATUAN PENDIDIKAN                   :  SMA
MATA PELAJARAN                         :  FISIKA
KELAS/SEMESTER                          :  X / 2
MATERI PEMBELAJARAN            :  ASAZ BLACK
ALOKASI WAKTU                                       :  2 x 45 Menit
 

I.    Standar Kompetensi                   : 4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip                           konservasi energi pada berbagai perubahan                    energi

II.   Kompetensi Dasar                      : 4.3 Menerapkan asas Black dalam pemecahan                   masalah
III.  Indikator                        
A.   Kognitif
1.    Produk        : 
4.3.1 Mendeskripsikan perbedaan  kalor yang diterima dan kalor yang dilepas
4.3.2 Menghitung besar kalor yang diterima da dilepaskan pada suatu zat
                 4.3.3 Menyelesaikan masalah yang beruhubungan dengan asas Black
2.    Proses         :
Membuat grafik perubahan suhu pada kasus yang berhubungan dengan asaz Black

B.   Psikomotor      : melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan asaz Black
C.   Afektif :
1. Karakter, (disesuaikan dengan mata pelajaran/materi pelajaran atau sekolah)
     a. jujur, (peserta didik melaporkan hasil percobaannya dengan jujur)
b. tanggung jawab,
c. hati-hati, (sesuai Prosedur)
d. teliti. (mengamati/melakukan secara cermat)




IV. Tujuan Pembelajaran:
A.   Kognitif
    1.   Produk:
·         Secara mandiri, dengan melalui contoh kasus serta buku bacaan yang diberikan oleh guru,  peserta didik mampu menjelaskan perbedaan kalor yang diterima dan kalor yang di lepas dengan jelas.
·         Secara mandiri melalui buku bacaan,contoh soal, dan hasil eksperimen  peserta didik mampu menghitung besarnya kalor yang dilepas dan kalor yang diterima oleh
·         Secara mandiri, dengan penjelasan yang diberikan pendidik, dan hasil eksperimen, peserta didik mampu menyelesaikan masala-masalah fisika yang berhubungan dengan asaz Black
·         Secara berkelompok peserta didik mampu membuat garifik hubungan anatara shu (T) dengan kalor (Q)
  2.   Proses:  
·         Dengan melalui contoh kasus serta buku bacaan yang diberikan oleh guru,  peserta didik mampu menjelaskan perbedaan kalor yang diterima dan kalor yang di lepas dengan jelas.
·         Melalui buku bacaan,contoh soal, dan hasil eksperimen  peserta didik mampu menghitung besarnya kalor yang dilepas dan kalor yang diterima oleh
·         Dengan penjelasan yang diberikan pendidik, dan hasil eksperimen, peserta didik mampu menyelesaikan masala-masalah fisika yang berhubungan dengan asaz Black
·         Secara berkelompok peserta didik mampu membuat garifik hubungan anatara shu (T) dengan kalor (Q)

B.   Psikomotor
1.      Diberikan alat-alat (termometer, es batu, air), siswa secara berkelompok  dapat menyusun alat praktikum.
2.      Diberikan alat-alat, siswa secara berkelompok  mengisi tabel hasil pengamatan pengukuran panjang lengan beban dan lengan kuasa pada tuas

C.   Afektif
1. Karakter
     a. Jujur
b. Tanggung jawab,
c. Hati-hati,
d. Teliti.
2. Keterampilan sosial:
Bekerjasama

V. Materi Ajar: Asas Black
VI.  Model dan Metode Pembelajaran:
      Model Pembelajaran      : Direct Instruction (Pembelajaran langsung)
      Metode Pembelajaran    : Ceramah, Eksperimen
VII. Sumber/Media Pembelajaran:
1.      Buku Peserta didik kelas X “Tim sri kandi Eksakta” .2012. Fisika berbasis karakter bangsa”
2.      alat-alat praktikum

VIII.  Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
A.     Pendahuluan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi Waktu per-tahap
Penilaian pengamat
1.    1 Memberi salam (sopan santun)
2.    Guru menuliskan tujuan pembelajaran  yang akan dicapai di papan tulis.
3.    Guru memberikan pertanyaan yang dapat memancing/memotivasi peserta didik untuk belajar. Seperti: (EKSPLORASI)
      “Pada saat anda membuat segelas teh hangat kemudian anda memasukkan ke dalamnya sebongkah es batu, apakah yang akan terjadi pada es tersebut?” mengapa demikian? Hal ini akan kita bahas pada materi Asas Black.

ü  Menjawab salam
ü  Mencermati penyampaian guru

ü  Peserta didik menjawab pertanyaan guru


10 Menit


B.     Inti
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi Waktu per-tahap
Penilaian pengamat
2. Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan

15 menit

5 menit







15 menit









1.     Guru menjelaskan  materi yang akan dipelajari.
2.     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok dan meminta peserta didik untuk duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing. (agar peserta didik aktif bekerja sama)
(ELABORASI)
3.     Guru membagikan LKS 01 ‘asas Black’ yang akan dipercobakan.
4.     Guru menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam percobaan.
5.     Guru meminta wakil setiap kelompok untuk mengambil alat dan bahan yang akan digunakan pada percobaan. (menanamkan karakter hati-hati ,teliti dan cermat)

1.    Peserta didik memperhatikan penjelasan guru.
2.    Peserta didik mengatur tempat duduk sesuai dengan kelompoknya.


(ELABORASI)
3.    Peserta didik mengambil penuntun yang dibagi oleh guru.
4.    Peserta didik mendengarkan penjelasan guru.
5.    Peserta didik mengambil alat dan bahan praktikum yang telah disediakan oleh guru.

3. Membimbing pelatihan


25 menit

1.    Guru mempersilahkan peserta didik untuk melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan.(mengembangkan karakter teliti,jujur menuliskan data dan cermat mengatasi masalah yang timbul)
2.    Guru membimbing peserta didik dalam melakukan eksperimen.(mengembangkan sikap teliti)
1.      Peserta didik melakukan eksperimen sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan oleh guru.

4. Mengecek pemahaman peserta didik dan memberi umpan-balik


10 menit

















(KONFIRMASI)
1.    Guru meminta wakil dari setiap kelompok untuk menuliskan hasil eksperimennya di papan tulis.(menanamkan tanggungjawab, kemampuan menyumbangkan ide)
2.    Guru memberikan umpan-balik kepada peserta didik tentang hasil eksperimen yang telah diperoleh serta mengaitkan dengan materinya. (mengembangkan kemampuan bertanya dan menyumbangkan ide)
3. Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan meluruskan jika ada yang keliru.(menjadi pendengar yang baik berdasarkan penjelasan guru)
1.     Wakil dari tiap kelompok menuliskan hasil eksperimennya di papan tulis.
2.     Peserta didik memberikan tanggapan jika ada yang tidak sependapat atau kurang mengerti.

5. Memberi kesempatan untuk memperdalam pemahaman dan penerapan
10 menit

1.      Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik yang berkaitan dengan materi yang telah dipraktikumkan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.(menjadi pendengar yang baik, sopan santun).


2.  Guru memberikan tugas tidak terstruktur dalam bentuk Latihan soal
1.         Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.






2.    Peserta didik menulis tugas yang diberikan

Perilaku/karakter eksplisit dalam setiap tahap kegiatan
IX. Penilaian
1.      Teknik Penilaian                      :  Tes Tertulis
2.      Bentuk Instrumen                     :  LKS dan tes uraian
3.      Instrumen                                 :  Terlampir
4.      Kunci Jawaban                         :  Terlampir
5.      Pedoman Penskoran (Rubrik)  :  Terlampir
6.      Bentuk soal essei harus ada untuk setiap evaluasi : Terlampir

Daftar Pustaka:
1.      Buku Peserta didik kelas X “Tim sri kandi Eksakta” .2012. Fisika berbasis karakter bangsa” ala-alat praktikum     
2.      Nur Rachmandani Setia. 2009. Fisika Untuk SMA /Ma kelas X. Grahadi. Jakarta
                                                                           Makassar, ..................... 2013
                                                                               Guru Mata Pelajaran,
                                           .                                     

                                                                               Muhammad Gazali Mansur



Produk PPG-SM3T selama 2 semester dikumpul sebagai bentuk dokumen fortofolio
(perangkat pembelajaran, proposal PTK, laporan PTK, dan rekaman pembelajaran).
                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar